Formulir Kontak

 

Cara Membuat Lirik Lagu

Lagu

Dalam membuat sebuah lagu terdapat senjata yang paling kuat atau elemen yang penting yaitu Lirik. Lirik adalah pesan, isi hati yang kita sampaikan melalui rangkaian cerita dalam bentuk sebuah lagu. Walaupun banyak bilang kalau membuat lirik lagu itu susah. Sebenarnya  tidak susah , kita hanya menuliskan apa isi hati kita. Justru yang susah adalah membuat lirik lagu yang sesuai,pas,cocok di hati orang-orang yang akan mendengarkan lagu kita.

Jadi, disini saya akan memberikan informasi mengenai cara cara atau tips-tips membuat lirik lagu.
Okeyyyy langsung saja.....

1. Tentukan Tema Lagu Yang Akan Dibuat.
Sudah pasti langkah pertama yaitu menentukan tema. Usahakan pilih tema unik yang berbeda dari   kebanyakan lirik lagu biasanya yang bertema cinta yaitu putus cinta. Kalaupun ingin memilih tema  cinta, carilah sudut pandang yang berbeda mengenai cinta. Semakin matang memilih atau merancang tema, semakin bagus pula lagu yang akan dibuat.

2. Buat Kerangka Cerita.
Mungkin kedengarannya aneh, ini membuat lagu apa membuat cerita pendek? Ya jadi begini, agar lagu kita tidak terdengar monoton dana membosankan. Membuat kerangka cerita sama hal seperti membangun fondasi pada sebuaah rumah. Kerangka inilah yang akan mendukung tema utama dari yang kalian buat. Lagu yang ada kerangka ceritanya, akan memiliki identitas yang kuat.

3. Mulai Menulis Lirik.
Kalian sudah menentukan tema. Kalian sudah membuat kerangka ceritanya. Sekarang tiba saatnya untuk menulis liriknya. Disinilah kreativitas kita berperan. Dan disinilah kita menunjukkan kenapa kita berbeda dari pembuat-pembuat lagu yang lain.

Ada berbagai teknik yang bisa dilakukan untuk membuat lirik. Salah satu tekniknya adalah menggunakan peta pikiran atau mind map. Mind map ini sangat efektif, karena melatih otak kita berpikir luas saat mencari kata-kata yang tepat.


4. Rapikan Lirik Yang Sudah Dibuat.
Setelah menulis lirik berdasarkan tema dan kerangka cerita, jangan sudah selesai dulu. Kita harus merapikannya bisa saja ada beberapa lirrik yang aneh untuk didengar.

5. Buat Judul Lagu Yang Unik Dan Khas. 
Mungkin sebagian orang memiliki pendapat yang berbeda mengenai memberikan judul dalam lagu. Kalau saya lebih suka memberi judul setelah semua langkah 1-4 selesai. Tapi itu kesukaan orang masing ada yang lebih suka memberi judul di awal dan ada yang memberi judul di akhir, tapi itu jangan dipermasalahkan.

Yang terpenting kita dalam membuat judul lagu harus mempunya ciri khas agar terlihat unik dan orang-orang akan mudah mengingat.


Oke jadi itulah Cara Membuat Lirik  Lagu. Maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.
Terima Kasih telah membaca.... ^^

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply